General Tips

Serba Serbi Roller Skates

June 27, 2021
lapangan main roller skates jogja

Hai! Akhirnya update blog lagi haha. Beberapa minggu terakhir, DM Instagram saya lumayan sibuk dengan bales-balesin teman/follower yang tanya-tanya soal sepatu roda—ya gak banyak-banyak banget memang … tapi kayanya lebih asik kalau dirangkum aja di blog. Jadi kalau ada yang nanya lagi, tinggal kasih link aja muehehhehehe.

Kalau kamu males ribet riset ini itu dan males baca hehe, jawaban singkatnya, kalau bujet kamu terbatas dan pengin roller skates yang cute, beli Impala skates saja (harga 1,9 juta), atau bisa custom atau beli second hand skates. Tapi kalau bujet kamu agak lebih banyak, mencari yang bisa dipakai lebih lama, gak masalah untuk dipakai jumpalitan, bisa pilih Chaya skates (ada banyak banget pilihannya, dari mulai 2,5 juta sampai 4,5 jutaan). Atau, bisa coba lihat-lihat Chuffed skates (harga 4,850 juta). Selain itu ada opsi Moonlight skates (sekitar 5 juta), Moxi Beach Bunny, Moxi Lolly—roller skates ini agak susah dapat barangnya, dan harganya juga lumayan tinggi. Merek-merek yang aku sebutkan di atas, adalah merek yang aku lihat dijual di Indonesia yaaa (available to purchase in Indonesia) di toko roller skates, dan beberapa via jastip. 

My first pair of skates. Impala Aqua.

Which one is the best?

Yang mana yang bagus yaaa? Hahahaha bingung? Sama! Aku juga bingung. Kegiatan beli sepatu roda pertama kali, adalah salah satu hal yang cukup intens. Di bawah ini adalah eberapa faktor untuk menentukan roller skates mana yang cocok untuk kamu: 

  1. Budget

Berapa banyak uang yang direlakan untuk beli sepatu roda? Saat ini yang paling murah adalah Impala (sekitar Rp1,895,000). Kamu bisa juga custom sepatu roda, mungkin bisa lebih murah sekitaran Rp500,000-Rp1,000,000 dibandingkan beli Impala. Atau, bisa juga cari yang second hand/bekas. 🙂 Kalau bujet agak tinggi, bisa intip-intip Chuffed skates (beberapa skate shops di Jakarta jual Chuffed), atau cari jastipan Moonlight atau Moxi kalau memang itu yang kamu mau hehehe. 

  1. Mau dipakai untuk apa?

Apakah kamu akan lebih sering main di skatepark/ramp? Atau, kamu akan lebih sering ngulik soal jam/dance skating? Atau akan lebih banyak cruising di jalan atau outdoor? Atau, kamu malahan mau fokus belajar artistic skating

Kenapa mesti dipikirin? Karena roller skates harganya lumayan mahal juga ya, jadi sebaiknya mikir untuk jangka panjang hehee. Misalnya kamu mau belajar artistic skating kedepannya, kamu akan perlu support lebih di ankle dan butuh sepatu yang lebih kaku (stiffer). 

Impala adalah sepatu roda pertama aku! Banyak review yang bilang bahwa Impala mudah rusak, bahkan ada yang baru pakai tiga minggu sudah jebol. Pengalamanku pakai Impala dari Oktober 2020, mungkin baru sekitar April 2021 Impalaku menunjukkan tanda-tanda menuju jebol. Kalau memang bujet terbatas dan kamu niatnya untuk main seminggu sekali saja alias main santai, dan tidak untuk di skatepark, maka Impala adalah salah satu pilihan terbaik. 

Tapi, misalnya kamu dari awal mau main di skatepark, sebaiknya Chaya aja. Aku belum pernah baca review tentang Chaya gampang jebol. Aku pernah coba pakai Chaya, overall lebih ringan dari Impala dan boots-nya lebih fluffy! Kalau bujet lebih banyak lagi, bisa coba lihat Chuffed skates, dan merek lain yang sudah disebutkan di atas. 

  1. Mau model yang mana? Dengan heels atau flat?

Kalau model high boots dengan heels, semacam dapet gitu ya feel vintage-nya, tapi model yang flat dengan sneakers atau misalnya seperti Vans, kece juga kaya sepatu sehari-hari. Aku sendiri belum pernah coba yang flat, tapi beberapa teman bilang yang flat (tanpa heels) lebih susah. Mereka bilang kaya mau ngejeblak ke belakang rasanya haha. 

  1. Ketersediaan di Indonesia

Gak usah lah cari yang gak ada di Indonesia hahahaha, karena ini bikin ribet diri sendiri. Beberapa toko yang jual roller skate bisa terima pre-order (PO) sepatu roda, mesti sabar aja nunggu sepatu rodanya datang. Misalnya, PO untuk Moxi Lolly atau PO untuk Chuffed Skates. 

Kalau kamu gak keberatan untuk terkejut soal tax ketika barang masuk Indonesia, ya bisa juga sih untuk pesan dari luar negeri. Oh ya, setahu aku Moonlight skates sudah bisa pesan langsung dari website-nya dan sudah akan dikalkulasikan dengan tax + pengiriman ke Indonesia sekalian. 

Beli quad skates di mana?

Untuk beli quad skate, sebaiknya pergi ke toko sepatu roda-nya aja langsung. Lebih enak kalau bisa coba, karena kadang sizing-nya sepatu roda suka rada ajaib. Btw, alternatif lain kalau misalnya di kota kamu tidak ada toko sepatu roda yang memungkinkan untuk coba, sebaiknya kamu coba kontak komunitas sepatu roda di kota kamu, dan izin untuk coba sepatu roda ketika mereka sedang main bareng. Dengan begitu, paling tidak kamu kurang lebih tahu size kamu. Usahakan cari yang merek-nya sama ya. Karena beda merek, beda sizing

Alternatif lain, ukur panjang kaki kamu, biasanya toko sepatu roda ini punya panduan, misalnya panjang kaki kamu 23 cm, maka size yang disarankan adalah 37 untuk merek A. Pokoknya jangan ragu untuk tanya-tanya dulu, supaya gak beli salah ukuran. 

Jadi di mana aja nih yang jual sepatu roda? Kalau kamu mau beli quad skate online, pilihannya lebih banyak daripada toko offline. Salah satu toko yang jual quad skate, yang offline store-nya terlihat ok banget (terlihat via Instagram yaaa, aku belum pernah ke sana) adalah 8Roll Skates di Kemang. 

JAKARTA

8Roll Skates – mereka jual Chaya, Moxi skates. Alamat: Ex Aksara Building A3000, Kemang Raya

Comz Roller Shop – mereka jual Moonlight skates, juga Chaya. Alamat: Duren Tiga Raya No. 37. Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan

Powerslide Indonesia – sepertinya hanya online saja. Mereka jual Chaya skates.

Skatewagen – mereka jual Chuffed skates (aku beli di sini 😊). Sepertinya saat ini hanya online store saja, mungkin kedepannya akan ada offline store.

Skatelovers Co – mereka jual Chaya, Chuffed skates. Kadang jual Moxi dan Impala juga sepertinya. Kayanya sih mereka ada offline store-nya, tapi aku gak tahu. 

Neon Shack – mereka jual Impala, Chuffed dan kadang ada Moxi skates juga. 

YOGYAKARTA

Joins Toko Sepatu Roda – Jl. Gambiran RUKO KUNING No.31, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161

Hahaha Yogyakarta ini memang lebih ke inline skates daripada quad skates, dan Joins pun tidak jual quad skates di toko mereka. 

BANDUNG

Quad Shop Second – mereka jual second hand roller skates dan juga custom skates

BALI

Globe Cabin Canggu – Impala skates. Aku dulu beli Impala skates di sini hehe.

Powerslide Bali – mereka jual Chaya skates.

Ok, I have roller skates now. Then what?

Protector. Jangan lupa untuk beli protector, biasanya dijual satu set: knee guards, elbow guards dan wrist guards. Ini penting banget, apalagi kalau kalian coba main outdoor di jalanan aspal. Bisa bonyok lututnya kalau pas jatuh trus gak pakai knee guards. Oh ya, sampai saat ini aku belum beli helm hehehee. Penginnya sih coba dulu helm-nya sebelum beli karena kepala aku besar hahaha dan lagian juga aku masih jarangggg banget main di skatepark. Kalau kamu akan sering main di skatepark/ramp, sebaiknya beli helm yang bagus ya! Yang memang terbukti kuat benturan-benturan. Ada satu teman yang beli helm murah, sekitar 100rb, eh sekali (atau dua kali) kebentur udah pecah langsung. 

Learn the basic things. Belajar hal-hal dasar terlebih dahulu, seperti: belajar cara berdiri dengan benar ketika sudah pakai sepatu roda. Belajar cara jatuh yang baik (karena kita pasti jatuh at some points). Belajar beberapa cara berhenti, termasuk berhenti dengan toe stops. Belajar tentang gimana postur tubuh yang baik, belajar maju, belajar mundur, dan juga belajar transisi. Setelah itu, akan ada banyak gerakan rumit nan seru lainnya yang bisa diulik. Oh ya, setiap orang punya jalur progress-nya masing-masing. Berkompetisilah dengan diri sendiri. 🙂

Youtube: Dirty School of Skate

Impala Skates Instagram page – Learn the basic

Find a community. Main sendiri aja udah seru, apalagi main rame-rame! Cari komunitas roller skates di kota kamu, dan sesekali main bareng. Untuk saat ini karena sedang pandemi, sebaiknya kalau main bareng cari yang outdoor aja. Kalau gak terlalu nyaman untuk berada di tengah orang-orang, selalu kenakan masker dan jaga jarak. 

Aku senang main di rumah, tapi main di luar bareng teman juga menyenangkan. Apalagi kalau lagi stuck ketika sedang ngulik satu gerakan. Biasanya kita bisa tanya ke teman yang sudah bisa gerakan itu, pasti akan selalu dapat pencerahan. 

Main di mana?

Domisiliku di Yogyakarta, untuk nemu tempat main itu susah banget hahaha. Kalau main sendiri ya bisa main di rumah saja, tapi space-nya kurang luas hehe. Di Yogyakarta ada beberapa area olahraga seperti Mandala Krida dan Maguwo yang bisa untuk main. Aspal Mandala Krida gak terlalu ok, walaupun masih bisa untuk main. Sejauh ini, paling menyenangkan adalah aspal Maguwo. Halus sekali! Baik Mandala Krida dan Maguwo, mereka tutup sekitar jam magrib. 

Ada juga Vast Skatepark, dan Plattera, kalau memang mau main di skatepark. Main di Vast, kadang lumayan deg2xan ada skateboard terbang haha. Aku pernah satu kali hampir kesambit skateboard terbang, rasa takut masih ada sampai sekarang hahaha. Plattera asik juga, ini kafe dengan skate bowl. Sore sekitar jam 4, biasanya cukup sepi, jadi asik untuk coba-coba pumping dan drop-in duduk—yang masih selalu aja jatuh haha.

Selain itu, ada beberapa lapangan basket yang bisa disewa untuk latihan bareng-bareng. Repotnya cuma ngumpulin yang mau latihan, karena kalau dipakai sendirian, lumayan boros juga say! 

Kalau lihat-lihat dari Instagram, sepertinya Jakarta dan Bandung punya lebih banyak opsi tempat main. Semoga kapan-kapan bisa pergi dan cobain main roller skates di kota-kota itu! Dan semoga Yogya bisa segera punya skate rink (mimpi dulu aja hahaha). Amin! 

Btw, kalau kalian mau share tempat main kalian di kolom komentar, boleh juga loh!

My current setup

Roller skates pertama aku adalah Impala Aqua size 37. Aku masih bisa ngebayangin momen ketika aku buka box roller skates pertama aku. Rasanya senang sekali!! Saat ini Impala aku sudah aku jual karena dua alasan:

  1. Yang sebelah kanan agak sempit. Selalu agak sakit kalau main kelamaan.
  2. Sudah menunjukkan tanda mau jebol. Aku berencana lebih sering main dan lompat-lompat jadi memang lebih baik ganti sepatu roda.

Aku akhirnya memutuskan beli Chuffed Skates karena itu yang available dan sesuai bujet hahaha, sebetulnya pengin Riedell tapi ribet banget untuk bisa punya skates itu dan harganya jadi kurang masuk akal. 

Pengalaman aku pakai Chuffed Skates sekitaran sebulan: rasanya lebih enteng daripada Impala jadi kaya bisa lebih balanced haha, toe stop-nya mantep banget!, boots-nya nyaman, tapi ankle support kurang. Ini skates setup aku saat ini: Derby laces core black (beli di Skatelovers), Toe caps (bikin sendiri di workshop Kaula Leather Yogya), Chuffed skates (beli di Skatewagen). 

Segitu dulu ya! Semoga tulisan ini bermanfaat!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply