General Tips

Toko Zero Waste Jogja: Tempat Belanja Minim Sampah

November 6, 2019

Karena akhir-akhir ini kembali sering tinggal di Yogyakarta (dan mudah-mudahan kedepannya bisa tinggal permanen di sini. Amin!), saya jadi suka cari-cari info tentang toko-toko bulk store. Ternyata ada beberapa pilihan bulk store di Yogyakarta, yang pada awalnya saya cuma dengar Peony Eco House saja. Sebelum saya berikan informasi beberapa bulk store Jogja beserta review singkatnya, saya mau membahas dulu tentang apa itu bulk store.

Untuk kamu yang kurang akrab dengan istilah ini, bulk store itu mirip dengan toko grosir, tapi versi ramah lingkungannya. Kita bisa berbelanja dalam jumlah cukup besar (berbelanja dalam jumlah kecil juga tidak masalah), dan diharapkan membawa wadah sendiri. Bulk store meniadakan kemasan plastik/kemasan sekali pakai. Beberapa bulk store ada yang memperbolehkan pelanggannya untuk ‘meminjam’ wadah dengan jaminan deposit. Jangan lupa dikembalikan kalau pinjam 🙂 Beberapa barang yang ada kemasannya, biasanya kemasannya bisa didaur ulang dan dalam jumlah minimal dikemasnya (gak lebay gitu bungkusan produknya).

Ohya, kamu pernah belanja di bulk store? Bulk store bisa juga kita sebut toko zero waste, atau eco store. Awal-awal berkenalan dengan hal-hal yang berbau ramah lingkungan dalam produk sehari-hari, saya sering berbelanja di toko online. Tapi lama-lama agak kurang sreg, karena biasanya ada kemasan ini itu ketika berbelanja online. Memang beberapa toko zero waste online berusaha sebaik mungkin untuk mengemas barang belanjaan tanpa plastik, tapi pihak ekspedisi kadang masih menggunakan plastik pembungkus lagi (yang selalu sukses bikin merasa bersalah pas buka hiks!).

Saya berjanji dengan diri sendiri sebisa mungkin belanja di toko offline, belanja di toko online hanya kalau terpaksa banget saja. Psst.. nanti dibagian akhir tulisan, saya kasih beberapa rekomendasi toko online kesukaan saya ya. Nah, sekarang yuk mari kita bahas beberapa zerowaste store di Jogja.

Peony Ecohouse Zerowaste Store Jogja

Saya sudah dengar tentang toko ini sejak lama, tapi baru sempat mengunjunginya beberapa minggu lalu. Di toko, saya bertemu Mbak Atta, dia ramah sekali menjelaskan beberapa hal yang saya tanyakan dan memberikan informasi mengenai produk yang sesuai untuk saya.

Peony Eco House memang tidak besar, tapi produk yang dijual lumayan lengkap loh bahkan sampai lulur dan minyak telon! Ketika itu, saya membeli 4 buah reusable cotton pad (kain pengganti kapas yang bisa dipakai ulang), dan juga satu set kantong belanja kain jaring-jaring untuk belanja buah. Mereka juga melayani pembelian online. Toko ini ada di utara di daerah Pogung.

Alamat: Jl. Sitisonyo, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Yogya. Telepon: 0812-9661-6686
Jam buka: Senin-Jumat 10am–7pm (Jumat sampai 8pm). Sabtu 1-8pm. Minggu Tutup

Aromatics Store and Bakery

Senang sekali melihat restoran favorit saya, Mediterranea by Kamil, di Yogya memiliki pojokan penuh dengan barang-barang natural/ramah lingkungan. Ini justru bulk store jogja yang saya kunjungi pertama kali. Yang membedakan toko ini dengan bulk store lainnya adalah, toko ini agak kurang ramah lingkungan. Banyak barang-barang yang dijual di sana tidak minim kemasan hehe.

Saya rasa fokus toko ini adalah, selain menjual beberapa produk dengan bahan natural seperti Sensatia Botanicals dan beberapa merek lain, toko ini juga menjual produk-produk lain dengan kualitas baik dan jarang bisa ditemui di supermarket umum. Contohnya keju, di sana mereka jual banyak jenis dan semua menggiurkan (mirip dengan beberapa varian keju yang di jual di R&B Grill and Grocery Store). Jadi memang seperti toko kecil yang juga menjual beberapa barang eco-friendly (seperti sedotan bambu, tas belanja, sabun natural, dll) dan bahan makanan secara bulk. Toko ini terletak di jalan Tirtodipuran, di selatan di dalam restoran.

Alamat: Jl. Tirtodipuran No.24 A, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Telepon: 0813-3744-3754
Jam buka: Senin-Minggu 8am–11pm

Ranah Bhumi

Dari toko-toko zero waste yang saya kunjungi di Jogja, Ranah Bhumi adalah toko yang paling bersolek. Tokonya cantik, di bagian depan ada beberapa barang dagangan yang dipajang dengan apik. Lokasi toko ini di jalan Gerilya, atau disebut juga Prawirotaman 2.

Waktu saya ke sana, mas-mas yang jaga baik sekali dan kami jadi ngobrol-ngobrol soal tawas haha. Di sana saya membeli tawas dan sabun cuci natural/laundry soap bar. Dagangan mereka juga cukup lengkap, dari loofah sponge sampai sereh kering juga ada.

Alamat: Jl. Prawirotaman 2 Timuran No.646, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Telepon: 0878-0909-1166
Jam buka: Senin-Jumat 9am–6pm. Sabtu-Minggu Tutup

TakiR Kios Bulk (TakiR Bulk Store)

Ini adalah bulk store satu-satunya di list ini yang belum pernah saya kunjungi. Teman saya bilang katanya sih tokonya lumayan juga. Gpp ya saya masukan di list ini, supaya jadi pengingat saya, dan barangkali kamu rumahnya di daerah (atau dekat) Kasihan.

Alamat: Jl. Bangunjiwo-Bibis No.16, Ngentak, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Telepon: 0811-2653-750
Jam buka: Senin, Selasa, Jumat, Sabtu 8am–5pm. Rabu, Kamis 8am–1pm. Minggu Tutup

Satu lagi yang mau saya tambahkan (dan menarik untuk dikunjungi) yaitu Pasar Organik Milas. Saya lupa, tapi kayanya pasar ini diadakan setiap hari Rabu dan Sabtu di Milas (Jl. Prawirotaman No.IV, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta). Saya pernah mengunjungi beberapa kali pada tahun 2014-2015. Di pasar ini, kamu akan bertemu langsung para produsen. Menurut saya, hal tersebut menyenangkan sekali. Membeli jajanan pasar, makanan rumahan, atau hasil tani langsung pada orang yang memproduksi. Kalau saya sudah sempat ke sana lagi, nanti saya akan update lagi tulisan ini ya.

Sesuai janji saya di awal, ini beberapa toko eco-friendly online favorit saya:
Cleanomic: Cleanomic adalah toko online pertama tempat saya belanja barang-barang ramah lingkungan. Kualitas barangnya baik. Saya masih menggunakan reusable menstrual pad, dan stainless straw yang saya beli di sana (padahal belinya udah lama banget, mungkin sudah 1,5 tahun yang lalu).

Sustanation: Walaupun saya tidak kenal dengan founder Sustaination, tapi saya bisa merasakan kalau dia punya semangat yang luar biasa untuk berbagi tentang hal-hal berbau ramah lingkungan. Banyak sekali yang saya pelajari dari artikel-artikel di situs Sustanation maupun di Instagramnya. Terima kasih ya! Saya jadi senang belanja di sana.

Sebetulnya perkara barang-barang ramah lingkungan, ada baiknya kamu pakai dulu barang-barang yang kamu miliki (walaupun mereka kurang ramah lingkungan). Jangan latah untuk mengganti SEMUA barang-barang kamu jadi eco friendly yang pada akhirnya cuma menumpuk saja (kaget karena semua baru dan gak biasa menggunakannya). Mungkin awalnya bisa coba dibiasakan bawa botol minuman sendiri, untuk mencegah beli air minum dalam kemasan botol plastik. Setelah terbiasa dengan itu, bisa ke step selanjutnya. Misalnya lanjut dengan membiasakan bawa kantong belanja sendiri. Dan lanjut dengan menggunakan hal lainnya yang lebih ramah lingkungan. Dan selanjutnya, sedikit-sedikit semuanya bisa jadi kebiasaan. Yuk bareng-bareng belajar mengurangi produksi sampah.

Segitu dulu ya bahasan tentang toko zero waste di Jogja.

Oh ya, dengar-dengar katanya di Nanamia Restoran yang di utara (Nanamia Pizzeria Moses), ada pojokan menjajakan barang-barang ramah lingkungan juga. Kapan-kapan akan coba lihat ke sana. Asik ya ada semakin banyak pilihan bagi yang tinggal di Yogyakarta. Semoga informasi ini bermanfaat! Dan … kalau kamu tahu info bulk store lainnya di Yogya, boleh loh info-info di sini. 🙂

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply